Berbicara tentang C++ biasanya tidak lepas dari C, sebagai bahasa pendahulunya. C adalah bahasa pemrograman yang dapat dikatakan berada antara bahasa beraras rendah (bahasa yang berorentasi kepada mesin) dan bahasa beraras tinggi (bahasa yang berorentasi pada manusia).

Pencipta C adalah Brian W. Kernighan dan Dennis M.ritchie pada sekitar tahun 1972. C adalah bahasa pemrograman terstruktur, yang membagi program dalam bentuk sejumlah blok. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam pembuatan dan pengembangan program.

C++ diciptakan setelah satu dekade setelah C. diciptakan oleh Bjarne Stroustrup, Laboratorium Bell, pada tahun 1983. Bahasa ini bersifat kompatibel dengan bahasa pendahulunya, C. pada mulanya C++ disebut “a better C”. Nama C++ sendiri diberikan oleh Rick Mascitti pada musim 1983. Tanda ++ berasal dari nama operator penaikan pada bahasa C.

Keistimewaan yang sangat berarti pada C++ adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman yang berorentasi obyek (PBO atau OOP / Object Oriented Programming). Bahasa C++ hanya bersifat Hibrid bukan bahasa murni yang berorientasi objek karena pemrograman C pada tahap awal dapat berpindah jalur ke C++ setahap demi setahap.

Tujuan utama pembuatan C++ adalah untuk meningkatkan produktivitas pemrograman dalam membuat aplikasi. Greg Perry (1993) mensitir ungkapan para pelopor industri C++ yang pada intinya menyatakan C++ dapat meningkatkan produktivitas pemrogram lebih dari dua kali dibandingkan bahasa prosedural sepeerti C, pascal dan basic. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa kode yang ditulis dengan C++ lebih mudah untuk digunakan kembali pada program-program lain.

Berikut ini merupakan contoh pembuatan program menggunakan Visual Studio C++ :

//Program Pertama

#include<iostream.h>

void main()

{

cout<<“Nama : Gunawan”<<endl;

cout<<“NIM : 0101080079″<<endl;

cout<<“Jurusan : TI”<<endl;

cout<<“E-mail : kaze_no_gunawan@yahoo.co.id”<<endl;

cout<<“YM : kaze_no_gunawan”<<endl;

cout<<“Blog : https://limgunawan.wordpress.com”<<endl;

cout<<endl;

cout<<“Contoh Sederhana Program C++”<<endl;

}

Berikut ini merupakan contoh output (execute) program menggunakan Visual Studio C++ :